Minggu, 12 Februari 2012

Khazanah Agama berbuhul Adat: “Kisah Muhammad ‘Arif, Pedoman Hidup di Alam Minangkabau menurut gurisan Adat dan Syara’” karya Syekh Sulaiman ar-Rasuli Candung (1871-1970)

Oleh: al-Haqir Apria Putra

Syekh Sulaiman ar-Rasuli atau yang lebih dikenal dengan “Inyiak Canduang”, dikenal sebagai seorang tokoh ulama terkemuka Minangkabau, selain itu beliau juga mumpuni dalam pengetahuan adat Minangkabau. Kealiman beliau dalam ilmu agama tidak terpungkiri lagi, begitu pula pengetahuan beliau, Syekh Sulaiman ar-Rasuli, tentang adat telah diakui luas. Kepakaran beliau terhadap adat ini tampaknya disokong oleh kedekatan beliau dengan ahli adat yang tua-tua dan para Tuanku Laras dimana pengetahuan adat mereka masih kuat berakar. Pengetahuan beliau ini dibuktikan dengan beberapa risalah populer yang berbicara tentang Adat ini. istimewanya, ketika beliau berbicara adat, maka seketika itu beliau juga berbicara mengenai syara’, sebab, ungkap beliau, adat dan syara’ itu berlazim-laziman.

Salah satu diantara karya beliau yang secara khusus berbicara adat, dan sebagai satu karya beliau yang sangat khas ialah Kisah Muhammad Arif, yang cetak pada tahun 1939 pada Drukkerij Tsamaratul Ikhwan Bukittinggi. karya ini tampak terinspirasi oleh karya “Rancak di Labuah” yang konon khabarnya aslinya dikarang oleh Tuanku Lareh Kapau itu. Kisah Muhammad Arif ini ditulis dengan gaya penceritaan Kaba, sarat dengan kata-kata dan permisalan Minangkabau. Nilai tambah yang membuat karya ini istimewa ialah aspek pemikiran tentang adat dan syara’ yang dibingkai dengan cerita pengajaran seorang ibu pada anaknya yang begitu menawan.

Foto: Sampul "Kisah Muhammad 'Arif" (1939)

Cerita ini dimulai dengan mengisahkan seorang perempuan bernama Siti Budiman. Seorang gadis yang disamping mempunyai paras menawan, juga seorang yang taat beragama dan kuat beradat, memakai sopan santun dan patuh kepada orang tua. Ini digambarkan sebagai berikut:

Adapun kemudian dari itu, ada seorang perempuan, Siti Budiman tu namonyo, anak Tuanku Lebar Alam, dunsanak Datuak Rajo Adil, sukunyo Bodi Caniago, di kampung Talago Manis, dalam nagari Teluk Paham, di Luhak nan Tigo nanko, pemerintahan Lareh nan Duo, di tanah Alam Minangkabau. Lorong kepada Siti Budiman, urang baiak asal baiak, tahu mudharat dan manfaat, tahu di awal dengan akhir, ingat dirantiang ka mancucuak, tahu di dahan kamanimpo, tahu diereng dengan gendeng, tahu diadat jo pusako, baso basi nan labiah bana, bijaksano arif budiman, sifat cerdik cindokio, patut namanya Siti Budiman.
Lorong kepado agamonyo, Siti taat menyembah Allah, hati suci khusu’ tawadhu’, iman teguh amalan banyak, hati ikhlas beradat, sabar ridha hati tawakkal, tidak digaduah apo-apo. Tentang kepado peromanan, ataupun bentuk rendah tinggi, sadang elok mato mamandang, tidak melebihi ancak-ancak, tidak mengiringi sio-sio. Lorong kapado kelakuan, sifat pemalu dipakainyo, jarang keluar dari rumah, bamain nan tidak bana, salah sedikit tidak kayo, padi tidak sedang kadimakan, suda manyabik anam bulan, tetap hidupnyo membeli beras, bakain sapalolosan, tidak manyimpan di lamari
Kisah dilanjutkan dengan pernikahan Siti Budiman dengan Muhammad Shidiq Fakih Arifin, seorang pemuda yang alim cendikia. Setelah menikah kedua pasangan ini tetap dalam keadaan miskin, namun kemiskinan ini tak menjauhkan dirinya dari ibadat, malah membuat mereka semakin rajin menegakkan perintah agama. Adapun kerja suami istri ini disiang hari ialah bertani, sedang malamnya mengajar mengaji, mengajar sembahyang dan sifat duapuluh. Begitulah yang berlaku bertahun-tahun lamanya. Sampai Siti Budiman melahirkan anak laki-laki dinamai dengan Muhammad Arif, diiringi oleh adiknya yang bernama Siti Arifah.


Memang larat tak dapat ditolak, belumlah baligh dua anak karunia Tuhan, sang suami dipanggil oleh Allah, Muhammad Shadiq wafat. Maka keraslah Siti Budiman sendirian mendidik anak-anak mereka hingga dewasa. Pada suatu waktu, ketika mereka sekeluarga berkumpul, pada saat itulah Siti Budiman menguraikan paparan nasehat untuk anak-anaknya. Nasehat itu antara lain terdiri dari nasehat memilih sekolah, nasehat untuk jadi penghulu, nasehat untuk jadi ulama, nasehat ketika berkawin, dan sebagainya.

Dalam butir nasehat menjadi Ulama, Siti Budiman berujar kepada Muhammad Arif:

Anak den Muhammad Arif, Alim Ulama den tarangkan, tujuh pulo deang baginyo. Satu ulama matohari, duo ulama sumbu lampu, tigo ulama nan pamacah, ampek ulama banyak lancah, limo ulama bagai kancah, anam ulama ruuk sabun, tujuah ulama nan pagawat. Anak kanduang dangankan bana !

Arti Ulama matohari, suluah bendang di nagari, cermin terus dalam suku, kok hidup bakeh batanyo, kok mati tampek ba khaul, itu ulama sabananyo.
Arti ulama sumbu lampu, ulama banyak bapitua tapi untuak urang sajo, sekali tidak diamalkan. Urang banyak dapek faedah, badan sendiri nan tabaka, sebab tidak ado mengamalkan.
Arti ulama nan pamacah, nan banyak dimaso kini, pitua banyak nan ganjia, keceknyo banyak nan baru, pamacah urang sakampuang, pancarai anak jo bapak, pamutus silaturahim, pahasuang malawan guru, deang nagari nan lah kusuik, sabab marampas karajo urang, naiak mimbar jadi khatib, tidak siapo nan manyuruah, sadang awak balun khatib, sampai manyusah pemerintah.
…………


Poin ketiga dari dari pembahagian ulama diatas, menyiratkan pembaca untuk mewanti-wanti ulama yang kerjanya memecah masyarakat, menyebarkan faham baru dan membawa fatwa ganjil.

Karya ini menjadi istimewa karena mengandung nilai-nilai ajaran agama dan adat yang dipaparkan dengan pintar lewat cerita. Terakhir, kisah ini ditutup dengan taqrizh dari Muhammad Amin Fakih Bandaro Ampang Gadang, dalam bentuk sya’ir menyatakan betapa penting Kisah ini dibaca oleh khalayak ramai. Satu kutipan sya’ir-nya ialah:

………
Wahai saudaro sekalian teman
Patut dipakai buku pedoman
Siang dan malam jadi idaman
Cerita puteri Siti Budiman

Isinya patut peukur tubuah
Melebihi buku Rancak di Labuah
Pergaulan hidup janganlah jabuah
Dibaca sedikit hendak bertambuah

Isinya cukup tidaklah kurang
Bermacam nasehat ado dikarang
Dunia akhirat keduanya terang
Adat dan syarat terang benderang
………